Pameran Universitas China di Yogyakarta


      Sejumlah Universitas China Gelar Pameran di Yogyakarta Yogyakarta: Beberapa perguruan tinggi di China akan menggelar pameran pendidikan bertema 'Lawatan Universitas Tiongkok 2012' di Yogyakarta pada 4 Maret mendatang. "Pameran itu merupakan kesempatan bagi masyarakat Yogyakarta yang ingin kuliah di negara China," kata Ketua panitia pameran Julius Felicianus di Yogyakarta, Selasa (28/2).Menurutnya, perguruan tinggi di China yang ambil bagian dalam pameran itu di antaranya adalah Peking University, Capital University of Economics, Renmin University of China.Selain itu, ada juga Beijing Normal University, Dongnam University, Nanjing Normal University, Nanjing Xiaozhuang University, dan Nanjing University of Chinese Medicine. "Para pemimpin universitas tersebut akan datang dan mengenalkan perguruan tingginya masing-masing dalam pameran pendidikan itu," kata Julius yang juga Direktur PT Galangpress Media Utama Yogyakarta itu. Ia mengatakan, pameran ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara perguruan tinggi di China dengan universitas di Yogyakarta. Pameran ini juga ingin mengenalkan perguruan tinggi ternama di China yang sekarang mulai terbuka untuk mahasiswa dari negara dunia ketiga.
         
        "Pameran itu bagi siswa dan mahasiswa dapat menjadi ajang mencari beasiswa sekolah di China. Siswa dan mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertanya tentang tata cara mendapatkan beasiswa, dan bantuan pendidikan dari pemerintah China," katanya.Menurut dia, mahasiswa dapat mengetahui seluk beluk dan cara kuliah di China, cara mendapatkan beasiswa sarjana, pascasarjana, dan program doktoral.

"Selain itu, juga ada program pinjaman dan bantuan lainnya dari pemerintah China melalui perguruan tinggi yang terlibat dalam pameran tersebut," katanya. Ia mengatakan pameran itu juga membuka kesempatan bagi perguruan tinggi di Yogyakarta untuk mengadakan pameran pendidikan di China. "Pameran ini merupakan kesempatan terbaik bagi perguruan tinggi di Yogyakarta untuk menjalin kerja sama dan mengenalkan perguruan tingginya masing-masing kepada pimpinan universitas di China," katanya.
Menurut dia, pameran yang direncanakan dibuka Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X itu, terbuka untuk umum.

     "Pameran tersebut penting bagi masyarakat, karena perguruan tinggi di China sudah diakui dunia internasional. Banyak perusahaan multinasional China di seantero dunia membutuhkan tenaga lulusan dari perguruan tinggi itu," katanya. Pameran ini terselenggara atas kerja sama Atase Pendidikan KBRI-China di Beijing, Bank Mandiri, Thames Education Consultant, dan Galangpress Media Utama Yogyakarta. (Ant/Wrt3)

sumber : MetrotvNews.com

Tidak ada komentar: