SUMBER AJARAN ISLAM

Waktu semester I, ada tugas, Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang Sumber Ajaran Agama Islam,, dari pada ni File terkubur di Hardisk ane, mending ani post ting aza disini,, siapa tau bermanfaat,,, iyaakan he he he..

Ø  AL – QUR’AN
Al – qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada nabi muhammad SAW, dengan cara perantara malaikat jibril secara berangsur-angsur.
           Al-qur’an mukzizat yang nyata bagi kita umat manusia, khususnya kaum muslimin, sebuah mukjizat yang bisa kita liat dengan mata kepala kita, kita raba dengan tangan kita, dapat kita baca dengan lisan kita, serta kita pahami dan kita pelajari, kemudian bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari – hari.

Tidak ada orang atau manusia sekalipun yang bisa menandingin mukjizat nabi besar Muhammad saw tersebut, kenapa bisa demikian : jawabnya karena al-qur’an bukan buatan tangan manusia atau produk manusia, al qur’an murni dari wahyu allah yang dititipkan kepada nabi muhammad saw, dengan tidak dikurang-kurangi dan tidak pula dilebih-lebihkan isi al – qur’an tersebut.

Ada satu hal menarik ketika salah satu teman kita bertanya mengapa al – qur’an dianggap penyempurna dari kitab – kitab sebelumnya, dan apa hukumnya jika kita mempercayai kitab – kitab yang lain.

Al – qur’an sebagai penyempurna kitab lain, itulah kalimaat yang sering kita dengar tapi kita sendiri tidak tau apa dari maksud kalimat tersebut,, mungkin maksud dari penyempurna disini adalah al-qur’an sebagai kita suci dimuka bumi ini merupakan kita suci yang diberikan kepada nabi muhammad,, sebelum lahirnya kitab suci ada yang namanya kitab ijil, zabur dan taurat,, dari ketiga kitab tersebut sama – sama kalamullah,

Dalam al – qur’an semua kisah – kisah umat – umat terdahulu ada terdapat dalam al – qur’an bahkan apa saja yang ada dalam kitab zabur, taurat, inzil,, al – qur,an memuat dari ke’empat kitab tersebut.. sedangkan kitab – kitab tersebut(yang terdahulu), merika tidak mengambarkan sedikit pun tentang al- qur’an. Tetapi dalam kitab tersebut ada menerangkan bahwa setelah kitab ini, ada lagi seorang nabi yang akan membawa manusia kejalan yang benar, dari alam yang gelap gulita menuju alam yang terang benderang, yaitu nabi Muhammad SAW.

Kita sadari sendiri kelebihan al-qur’an dibandingkan dengan kitab – kitab lain, pertanyaan saya apakah dikala itu Nabi muhammad SAW  Adalah seorang penyihir sakti mandara guna yang dikatakan oleh kaum yahudi. Anggapan itupun sirna begitu saja karna kita ketahui sendiri bahwansanya Nabi Muhammad SAW. Pada waktu menerima wahyu pertama nabi Buta Huruf. Men mana mungkinurut akal pikiran atau logika kitamana mungkin seorang yang buta huruf bisa membuat sebuah kitab yang begitu luar biasa..
Terakhir yang jadi pertanyaan saya, kenapa kitab – kitab lain begitu mudahya dirubah oleh kaum –kaum kafir, dan al –qur,an sendiri sampai saat ini masih terjaga ke,asliannya..


Selain Al-qur’an sumber – sumber ajaran islam adalah al-hadist.
Ø  HADIST
Hadis atau sunnah adalah  segala sesuatu yang berasal dari rasullah baik itu perkataan, perbuatan dan takrir ( persetujuan) itu adalah hadist.

Hadist sendiri terbagi dari beberapa macam :
·         Hadist Fiqliyah
·         Hadist qauliyah
·         Hadist takririyah.
 Wassalam wr wb


Nama               : abdi firdaus
Nim                 : 11.11.4781
Kelas               : 11-S1-TI-03

Tidak ada komentar: