Rencana Penyatuan Zona Waktu di Indonesia


Baru-baru ini Pemerintah kita berencana menyatukan tiga zona waktu Indonesia menjadi satu zona waktu saja. yaitu WIB, WITA, WIT dengan WITA (GMT+8) sebagai patokan waktu. Rencana ini tentu akan menimbulkan banyak kebingungan dan pertanyaan terutama bagi masyarakat awam.


Meskipun dengan tegas pihak terkait telah memaparkan tujuan dari rencana tersebut, antara lain agar daya saing ekonomi Indonesia meningkat dan birokrasi lebih efisien serta meningkatkan produktivitas ekonomi dan menyelaraskan degan waktu negara-negara tetangga. Namun jikapun rencana ini terlaksana akan diperlukan edukasi dan sosialisasi  yang intensif pada masyarakat. Karena "seperti biasa" rakyat negeri kita ini tidak mudah merubah suatu kebiasaan, apalagi soal waktu. Benar tidak,,! hehe
:)
Zona Waktu Indonesia saat ini, berlaku sejak tahun 1988
-          WIB(GMT +7)  - WITA(GMT+8)  - WIT(GMT+9)
Beberapa 'keanehan' dari zona waktu diatas.. karena waktu lokal tiap negara adalah hak tiap negara, yang penting diumumkan mengacu ke GMT/ UTC plus minus sekian jam.
- Antara indonesia dan singapura serta malaysia, singapura yang berbatasan langsung dengan sumatra, justru menggunakan waktu yang sama dengan indonesia tengah.
- Waktu kalimantan Barat mengikuti WIB tetapi sebagian kalimantan Timur yang lebih menjorok kebarat justru ikut waktu indonesia Tengah (Wita), apalagi serawak yang dibarat, kalimantan barat mengikuti WITA.

Benarkah Penyatuan Zona Waktu Untungkan Indonesia...? :)
Pemerintah berencana akan menggabungkan tiga zona waktu yang sekarang ini menjadi satu dan barpatokan pada zona waktu Indonesia bagian tengah (Wita) atau GMT+8. Selama ini, zona waktu di Indonesia dibagi tiga, WIB, Wita dan WIT. Dengan demikian, nantinya WIB dan WIT tidak lagi digunakan. Kebijakan satu waktu ditargetkan mulai berlaku pada 17 Agustus 2012. Rencana pemerintah menyatukan zona waktu mendapat tanggapan yang beragam...
Lalu bagaimana Tanggapan Anda...?

penerapan tiga zona waktu di beberapa wilayah di anggap kurang efektif dalam mendukung produktivitas, karena jam kerja yang kurang mendukung. ”Di Indonesia barat, khususnya di daerah Sumatera Utara atau Sumatera Barat, jamnya adalah satu jam di belakang Singapura. Istilahnya seperti kita kurang agresif menjaga produktivitas. 

penyatuan zona waktu di Indonesia merupakan langkah penghematan bagi negara. penyatuan zona waktu menjadi GMT+8, maka waktu Indonesia akan sama dengan beberapa negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.
"Kalau zona waktu kita bisa sama dengan negara-negara tetangga, maka kita bisa melakukan penghematan dalam jumlah besar, baik jam kerja, traffic, maupun aktivitas ekonomi,"
Penerapan penyatuan zona waktu buat Indonesia juga diyakini tidak akan berpengaruh terhadap jadwal shalat. Sebab tibanya waktu salat tidak ditentukan oleh jam yang berlaku. "Waktu salat ditentukan matahari. Jadi akan tetap sama.

Sebagai ilustrasi penjelasannya, misalkan WITA yang jadi patokan tunggal kelak. Bila saat subuh dii Banjarmasin jatuh pada pukul 05.00, maka tidak lantas berarti di Jayapura juga pada waktu yang sama. "Karena di sana 1 jam lebih awal, ya subuhnya pukul 04.00 waktu setempat,"
Perlu kita ketahui, di belahan bumi manapun jadwal salat tidak akan sama. Penyebabnya adalah posisi lokasi bersangkutan yang berbeda akan membuat datangnya sinar matahari yang jadi patokan juga akan berbeda. "Di Arab itu maghrib bisa pukul 20.00 (8 malam).

Satu negara besar yang juga memakai satu waktu adalah Cina. Waktu Cina memakai UTC+8, negara yang bahkan panjang horizontalnya alias antar lintang lebih besar dari Indonesia juga ternyata memakai satu waktu. Sebelumnya Cina memakai 5 waktu, namun akhirnya distandarkan menjadi waktu cina (UTC+8). Dengan satu waktu, maka kegiaatan ekonomi Cina bergerak pada waktu yang sama.
Jadi, jika benar pada 17 Agustus 2012 nanti indonesia memakai satu waktu maka sudah sepantasnya sumpah pemuda mendapatkan satu tambahan bait lagi yaitu : 

“Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung waktu persatuan, waktu Indonesia !!”


By : Abdi Firdaus
Staf Kesra AMKS Pantas Yk

Tidak ada komentar: