KONSEP SUKSES DALAM PERSPEKTIF AGAMA

Konsep sukses dalam perspektif islam pada pokok bahasan ini sangat menarik, banyak hal, hal baru yang bisa kita gali, terutama pada potensi – potensi yang kita miliki untuk bisa menggapai kesuksesan.
Kata sukses ini sendiri banyak memiliki makna bahkan artian atau definisi yang berbeda. Karena setiap orang memiliki tingkatan standar masing – masing dalam mengartikan sukses dalam hidupnya.
Untuk menggapai sukses maka setiap orang perlu adanya sebuah konsep kesuksesan, nah dengan adanya konsep dalam diri kita,
Adapun kunci untuk menggapai kesuksesan menurut saya adalah :
Ø  Niat
Niat adalah hal yang paling utama seseorang yang bisa meraih kesuksesan, bagaimana seseorang bisa sukses kalau dari dalam dirinya sendiri tidak memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk masa depan hidupnya.
Kesuksesan itu akan menyertai kita jikalau kita benar – benar sungguh – sungguh untuk untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya, karena sesuatu itu butuh proses, yang tentunya proses disini pasti tidak mudah,, banyak halangan dan rintangan yang silih berganti menghadapi kita.
Niat sendiri bisa juga diartikan sebagai tekad mencapai sesuatu disertai dengan perbuatan.
Didalam mencapai sesuatu, niat merupakan kunci utama untuk mencapaikeberhasilan atau kesuksesan sesuatu yang sedang dikerjakan, karenamanusia tanpa tekad dan sifat optimisme yang tinggi maka segala sesuatuyang ia capai tidak akan mempunyai manfaat apa-apa bahkan gagal,karena yang ada pada dirinya rasa tidak yakin atau percaya (pesimis)akan keberhasilan sesuatu yang ia kerjakan.

Dalam perkuliahan sendiri, kita bisa dikatakan sukses apabila mendapat nilai yang bagus dan Ipk yang tinggi, mungkin bisa dibilang dalam kata gore seseorang yanfg sukses.

Banyak sih sebenarnya, cara untuk menggapai kesuksesan itu sendiri.-sungggu
Contah, dalam lingkungan kampus.
            Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan nilai bagus, pertama bisa dengan Mencuntek. Yang kedua adalah bisa dengan bebuat baik pada Dosen pangajar kita selaku orang yang mendidik kita,, karena dengan dosen senang pada kita insya’allah untuk urusan nilai masih bisa di konfromi. Dan yang ketiga adalah dengan belajar sungguh-sungguh dengan kita belajar sungguh-sungguh insyalaah, hasil yang kita bisa memuaskan dan bisa dikatakan sukses dalam bidang kuliah.
Disini tinggal kita sebagai manusia ingin sukses yang seperti apa, karena bagi saya proses sangat  penting dalam menentukan kesuksesan kita,
Dalam bidang agamapun, sebenarnya manusia diciptakan kedunia ini adalah sebagai manusia yang sukses.sebagalmana kita ketahuai bahwa pada waktu kita belum menjadi manusia di rahim ibu.
Adapun hadist yang berkaitan dengan Kesuksesan antaralain adalah :
Jika manusia mempunyai rasa tidak yakin keberhasilansesuatu yangdikerjakan sedangkan Allah selalu mengkabulkan sesuatu sesuai dangan yangia niatkan maka ia sudah berburuk sangka ( Su-udzzon ) terhadap Allah.
Didalam hadits Qudsi, Allah berfirman: "Aku tergantung pada prasangkahambaku " (Niat-sugesti ) terhadap diriku dan Aku selalu bersamanya apabila iaselalu mengingatku". Dalam Hadits lain Nabi bersabda : "Bahwa segalasesuatu perbuatan harus dilandaskan dengan niat dan perbuatan itu sesuaidengan apa yang diniatkan". (HR.Bukhari Muslim) "Perbuatan seorang muslim       
yang dilandasi dengan niat lebih baik daripada perbuatan yang tanpa niat".


Nama  : ABDI FIRDAUS
Kelas   : 11-S1-TI-03

Tidak ada komentar: