Higgs Boson (Pertikel Tuhan)

       Ketika kita menimbang berad badan di pagi hari, kita sering berharap angka yang ditunjukkan oleh timbangan semakin bertambah atau berkurang dari hari sebelumnya. banyaknya massa dan gaya grafitasilah yang menentukan berat badanmu, tapi apakah yang menentukan massa... ?

      Pertanyaan inilah,, pertanyaan yang paling sering muncul dan paling dicari jawabanya di kalanganfisikawan saat ini. para ilmuwan di CERN dan Fermilab di illinois sedang berharap mereka bisa menemukan apa yang disebut dengan "higgs boson".

Hingg Boson adalah hipotesis pertikel dasar yang di prediksi keberadaanya dengan standar model (SM) fisika partikel. menurut SM seluruh jagad raya ini terbuat dari 12 bahan partikel yang berada dan 4 gaya. dari ke 12 partikel tersebut, 6 diantaranya merupakan Quarks dan sisanya adalah lepton. para ilmuwan berpendapat bahwasannya keduanya tidak dapat dibagi atau dipecah lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Higgs Boson merupakan pemahaman yang penting dari asal muasal keberadaan masa. setelah terjadinya big bang pada pembuatan alam semesta, mass, diperkirakan banyak partikel yang tidak bermassa namun lama kelamaan semakin berat di karenakan adanya medan Higg. partikel yang memalui medan ini akan diberi massa, dan hingg Boson merupakan partikel yang menghasilkan medan ini.

penamaan Higg Boson sendiri diambil dari peter Higg yang pertama kali mengeluarkan artikel mengenai adanya sebuah partikel yang memberikan massa ke partikel lain. oleh karena sangat pentingnya penemuan ini, pemenang nobel leon lederman menamainya God partikel atau partikel tuhan yang juga menimbulkan banyak kontroversi pada kalangan umat beragama.

Para ilmmuwanpun sampai sekarang sedang berusaha mencari kebenaran tentang keberadaan partikel ini,penelitian ini sudah lebih dari 10 tahun dilakukan dan terus berlanjut . untuk mengetahui keberadaan partikel ini diperlukan adanya tumbukan antara partikel pada kecepatan yang sangat tinggi, penelitian ini menggunakan Large hadron Collider (LHC) yang merupakan pipa penampak proton sepanjang 17 km. dibawah tanah.  jika energi yang dihasilkan dari tumbukan cukup besar maka akan muncul beberapa partikel kecil dan yang diharapkan diantaranya adalah Higg Boson atau partikel Tuhan tersebut.

jika nanti hingg boson ini terbukti ada dan telah ditemukan, maka nantipastinya seiring dengan perkembangan jaman akan membawa perubahan besar bagi dunia fisika dan ilmu pengetahuan lainya. namun. jika ternyata memang tidak dapat ditemukan maka itulah kesempatan bagi kita para peneliti untuk menyusun teori baru dan menjelaskan asal muasal massa itu sendiri..

Peneantian untuk partikel tuhan masih berlanjut..........!

oleh : Bima caraka putra
forum kita_AMKS Pangeran Antasari Yogyakarta.

Tidak ada komentar: