Resum Materi Praktikum

   Pada pertemuan perdana perkuliahan Praktikum Perancangan Web dan Internet atau sering disingkat dengan PWI, materi yang di ajarkan di lab adalah tentang perkenalan Xampp.
         apa itu Xampp ?   XAMPP atau X (Cross Platform) Apache MySQL PHP Perl adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dibuat oleh tim dari Apache Friends (www.apachefriends.org) yang fungsinya adalah untuk menjalankan program PHP, MySQL dan Perl dalam satu waktu yang bersamaan. 
      XAMPP memudahkan para web developer untuk mengembangkan dan membuat sebuah website di local PC/Laptop, sehingga proses pembuatan sebuah website menjadi lebih aman dan cepat dibandingkan melakukan proses pembuatan website lewat online server.


dalam xampp itu ada terdapat yang namanya
- web server   ->  Apache
- DB server   -> Mysql
- File server   -> file zilla
- Mail server  -> mercuri
- Java server  -> Tomcat

adapun untuk cara mencek versi xampp yang di gunakan adalah dengan cara...?
di Browser ketikkan -> Localhost..  untuk keamanan data maka di browser ketiklah -> https://localhost.

seperti diatas lah tampilan Xampp ketika sudah di install di sistem operasi. dari tampilan diatas kita bisa mencek  versi xampp, dan juga yang lainya seperti  Apache, php, MySql dan juga Php Myadmin. 

selain hal yang diatas, ada satu hal yang sangat perlu kita cek yaitu direktori pada xampp, usahakan file yang kita simpan itu terletak pada direktori yang sesuai.

caranya. masuk pada folder xampp -> apache -> conf  -> httpd.conf.  setelah file tersebut di buka  tekan ctrl + f pada keyboard untuk memudahkan kita menemukan document yang akan di cek,,  setelah itu ketikan DocumentRoot, kemudian lihat lah pada file tersebut, apakah penyimpanan direktori sudah sesuai misalkan belum maka harus di sesuaikan.

Kemudian memulai Praktikum paada Mata Kuliah PWI

Perkenalan penulisan PHP

1. <?php              scrip yang sering digunakan
               ?>

2.  <?                   scrip di samping ini tidak bisa dipakai di php yang terbaru         
             ?>

3.  <%                asp
           %>

4. <script language = "php">
          </script>

nah,, itu tadi sediket tentang materi praktikum yang ane dapat pada perkuliah praktikum PWI semuga artikel ini bisa bermanfaat. amien....

Abdi firdaus 
11.11.4781





Tidak ada komentar: